Ayo, Gowes Cantik Wisata Pulau Pari Kepulauan Seribu!

Sepeda, transportasi ramah lingkungan ini sangat mendukung kemudahan wisata pulau pari kepulauan seribu. Deretan sepeda cantik selalu menanti kedatangan para penyewa yang ingin gowes keliling pulau.

Sekilas tentang Pulau Pari, merupakan kelurahan di kecamatan kepulauan seribu selatan, kabupaten kepulauan seribu, Jakarta. Tetangga terdekat pulau Pari adalah dua pulau fenomenal yaitu Tidung dan Pulau Pramuka.

Jika Anda pernah ke Pulau Tidung pastinya tau kalau disana akses transportasi sepeda sangat diandalkan. Meskipun ada sedikit perbedaan antara keasikan sepeda Pulau Tidung dan Pulau Pari. Suasana wisata di Pulau Pari Kepulauan Seribu masih cukup lengang sedangkan Pulau Tidung sudah dipadati penginapan.

pulauparipulauseribu
Gambar : Kompas

  • Lima Motivasi Gowes Wisata Pulau Pari Kepulauan Seribu
  1. Pengalaman bersepeda lebih mengesankan pada wisata pulau pari kepulauan seribu. Transportasi sepeda wisata atau Bike For Travelling memang tepat pada sasaran wisata pulau pari kepulauan seribu. Tak heran kalau sebagian besar wisatawan tidak keberatan membayar harga sewa sepeda kisaran Rp. 20.000 per hari.
  2. Sepeda merupakan alternatif transportasi yang bebas polusi. Dengan bersepeda kita akan lebih enjoy menikmati keteduhan alam Pulau Pari. Go Green! Panorama Alam di Pulau Pari masih asri dan sangat hijau, akibat pengaruh vegetasi air tawar yang langka.
  3. Kesuburan beragam tanaman merupakan hal tak biasa bagi suatu pulau dengan pantai air asin. Namun lekukan cekung pulau pari, yang persis seperti tubuh ikan pari, termasuk fenomena alam.
  4. Pada saat menempuh rute perkampungan, kita akan leluasa berbagi senyum bersama warga setempat. Sepeda juga digunakan oleh warga lokal. Sewaktu berpapasan di jalan bisa saling menyapa dengan ramah dan hangat.
  5. Jadi, entah mau dibawa kemanapun arah wisata pulau pari kepulauan seribu, yang penting adalah hati merasa gembira, pikiran segar, dan tubuh lebih rileks. Tapi gimana kalau gak bisa naik sepeda? Tenang, alternatif kedua adalah Bentor atau Becak Motor!

Bike for traveling, Gowes Kemana Aja?

pulauseribupari
Gambar : tempatwisatamu

 

Nah, ingin segera Bike for traveling menuju pantai, perkampungan, lokasi penelitian kelautan LIPI, dermaga matahari, dan lain sebagainya? Cek disini, keunikan rute ‘kriing…kriing’ gowes wisata pulau pari kepulauan seribu.

  1. Pantai Pasir Perawan

Bersepeda ke pantai pasir perawan hanya membutuhkan waktu beberapa menit dari lokasi penginapan. Begitu sampai di sisi Timur Pulau Pari ini, kita akan disambut papan selamat datang yang terbuat dari sabut kelapa. Haus atau lapar? Tenang, banyak warung-warung berbentuk saung yang menjual makanan dan minuman.

Setelah segar, Anda bisa lanjut main sepuas hati di sepanjang pantai berpasir putih yang sangat bersih ini. Air laut ernih bercorak biru kehijauan, dikelilingi hutan bakau atau mangrove penangkis abrasi. Potret pengalaman unik mengelilingi bakau pantai pasir perawan menggunakan sampan sewaan!

  1. Trekking Wisata Pulau Pari Kepulauan Seribu Menuju Oseanografi LIPI

Bersepeda santai ke ujung barat Pulau Pari, akan membawa Anda ke Lembaga Penelitian dan Pengembangan Biota Laut atau UPT LIPI. Disini ada beragam pengetahuan menarik tentang biota laut sampai budidaya hayati antara lain rumput laut. Dan selain laboratorium oseanografi, di lokasi ini juga terdapat sebuah pantai kecil, meskipun tidak terlalu bersih karena bawaan sampah dari laut.

  1. Dermaga Bukit Matahari

Nama yang sangat indah dan ikonik menghias wisata pulau pari di kepulauan seribu. Segitu sepeda merapat menjelang senja di dermaga dekat bukit karang yang siap menyambut langkahmu. Panorama sunset maupun sunrise Dermaga Bukit Matahari sangat indah dengan corak gradasi warna mengagumkan. Takkan merasa bosan menepi romantisme dermaga bukit matahari.

 

 

Bagaimana Cara Wisata Pulau Pari Kepulauan Seribu?

Supaya bisa merasakan sensasi bersepeda wisata Pulau Pari Kepulauan Seribu, caranya mudah. Berangkatlah dari Jakarta, melalui pelabuhan Muara Angke atau Pantai Marina Ancol. Kapal-kapal penyeberangan akan berangkat pada pukul 07.30 pagi, dan menempuh perjalanan laut selama dua jam. Mudah kan? Ayo, gowes wisata Pulau Pari Kepulauan Seribu!