Suka Wisata Konservasi Alam? Yuk, Traveling Ke Pulau Pari!

       Traveling ke pulau pari di Kepulauan Seribu cocok dengan wisata bertema ‘ecotourism’. Kepulauan Seribu itu memiliki ratusan pulau cantik yang indah. Tetapi apakah gugusan pulau itu sangat mendukung konsep wisata ecotourism atau penghijauan?

Tidak juga sebab rata-rata wilayahnya sudah penuh dengan penginapan sehingga tema konservasi hijau tampak sangat kurang. Tenang saja. Kamu bisa melakukan traveling ke Pulau Pari bersama teman-teman atau keluarga tercinta yang juga menyukai tema wisata alam.

  1. Uniknya Penghijauan Air Tawar di Pulau Pari….

Pulau Pari bagian barat diibaratkan sebagai cekungan tubuh ikan pari. Cekungan ini unik karena bisa menampung air hujan sehingga terbentuk vegetasi air tawar. Alhasil beragam tanaman hijau dapat tumbuh subur antara lain palem, buah naga, kelapa, pisang, mangga, dan lain-lain. Selain itu pada sisi ini juga terdapat pemukiman penduduk yang ramah lingkungan.

Sedangkan pada bagian bagian timur terdapat lokasi wisata pantai cantik yang luas, dikelilingi hutan bakau atau mangrove. Tak heran jika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memilih Pulau Pari sebagai lokasi penelitian dan wisata edukasi alam.

travelpulaupari
Gambar : Anak pulau pari

  1. Keren, Ada Pusat Penelitian Oseanografi di Pulau Pari

Melakukan traveling ke Pulau Pari jangan lupa mampir ke pusat oseanografi di UPT LIPI. Di tempat ini setiap pengunjung akan mendapat berbagai informasi menarik seputar wisata ekologi laut. Laboratorium UPT LIPI juga memberikan pengetahuan penting tentang beragam biota laut unik seperti koral dan terumbu karang, rumput laut, pakis laut, ikan-ikan unik, dan lain-lain.

travelpulaupari2
Gambar : Pusat penelitian di pulau pari

  1. Pantai Pasir Perawan

Spot lain yang tidak boleh dilewatkan selama traveling ke pulau pari adalah pantai pasir perawan. Pasir berwarna putih di pantai ini masih bersih dan terasa lembut ketika menyentuh telapak kaki. Sementara dari bibir pantai terlihat panorama laut yang sangat tenang dan berwarna biru kehijauan.

Pandangan mata diteduhkan oleh pohon-pohon bakau alami yang menghiasi pesisir pantai Pasir Perawan. Tanaman Bakau dikenal sangat kuat dalam menahan hempas abrasi laut. Dan menariknya, kamu bisa menyewa sebuah sampan untuk berlayar keliling perairan biru yang berwarna kehijauan ini!

 

 

  1. Dermaga Bukit Matahari

Pingin melihat gradasi warna langit saat traveling ke Pulau Pari? Berdirilah sepanjang Dermaga Bukit Matahari. Di dermaga ini kamu bisa melihat pemandangan sunrise maupun sunset yang cahanya menghempas pepohonan cemara pada sisi tebing karang. Menarik, bukan? Ayo bikin rencana traveling ke Pulau Pari yang mengesankan!

travelpulaupari3
Foto : dermaha pulau pari

  • Traveling Ke Pulau Pari, Yuk!

Untuk mencapai Pulau Pari di gugus Kepulauan Seribu, kamu dapat memilih lokasi pemberangkatan dari Muara Angke naik kapal tongkang ataupun ferry dari Pantai Marina Ancol antara jam 07.00-09.00 wib dan kembali sebelum sore sekitar jam 14.00 wib.

Sebelum memutuskan untuk traveling ke pulau Pari persiapkan jalan-jalanmu sejak jauh-jauh hari sehingga kalau malas repot, beli saja paket wisata yang ditawarkan oleh agen wisata. Ooh, mau bergaya seperti backpacker? Bisa, jangan lupa bawa tenda dan keperluan lain supaya kamu bisa menginap di tepi Pantai Pasir Perawan!

Sedangkan buat urusan transportasi di lokasi gak perlu dipikirkan. Pulau Pari kembaran dengan tetangganya, Pulau Tidung sehingga tersedia cukup banyak sepeda wisata buat keliling pulau. Cara ini lebih oke sebab atmosfer pulau yang Pari dihijaukan secara unik ini bakal semakin kuat Yups, traveling ke Pulau Pari terjamin sejuknya!